Kamis, 21 Agustus 2008

HANYA DI INDONESIA…..


Hanya di negara kita ini yang ada, itulah kata-kata yang aku rasa tepat untuk menggambarkan apa yang akan aku ceritakan tentang mata pencaharian penduduk Indonesia tercinta ini. Pekerjaan yang tak ada dia negara lain! Inilah HANYA DI INDONESIA!!!

1.Tukang Tambal Ban

Kalo ban mobil atau motor anda kempes alias bocor, jangan khawatir. Hanya dengan kisaran Rp.5000 – Rp.10.000 / lubang, anda dapat kembali melanjutkan perjalanan dengan aman dan nyaman. Ini semua berkat adanya TUKANG TAMBAL BAN yang telah menjamur di pinggir jalan. Tukang tambal ban ini ternyata ada juga yang buka 24 jam nonstop. Cara menambalnya pun juga cukup mudah. Pertama-tama ban diperiksa dulu dengan mencelupkan pada air setelah dipompa. Setelah menemukan lubang bocor, ban dikerik sesuai selera tukang tambalnya. Lalu diolesi lem dan ditumpuk dengan plastik dan karet dari ban dalam bekas. Setalah itu dipanaskan kira2 10-20 menit. Setelah dipanaskan, ban kembali dipompa dan diperiksa. Baru kemudian kembali dimasukkan dalam velg dan ban luar. Profesi seperti ini ternyata bisa mendatangakan keuntungan yang lumayan lho…buktinya semakin banyak saja tukang tambal ban di pinggir jalan!

2.Tukang Tambal Panci

Tak hanya ban motor dan mobil saja yang bisa di tambal, ternyata panci buat memasak juga dapat ditambal lho!! Biasanya bocornya panci karena usia yang sudah tua, sehingga besi2 berkarat. Ada pula karena sering terjadi perang di rumah, jadinya panci2 menjadi bola2 soft ball yang kemudian jatuh dan lubangd deh!! Atau mungkin karena banyak dupukul2 si Buyung yang punya obsesi jadi drummer dari kecil!.

Berbeda dengan tukang tambal ban yang ada di pinggir jalan, Tukang Tambal Panci ini lebih fleksibel. Mereka selalu berkeliling ke rumah2 dengan membawa becak yang berisi karbit untuk las dan juga timah2. Tapi ada juga yang dengan cara dipikul dan membawa alat yang berbunyi “Trek….Trek…Trek”. Cara kerjanya hampir sama dengan tukang tambal ban, hanya saja mereka da 2 jenis. Ada yang jenis modern dan tradisional. Nah beda dari keduanya adalah yang modern, mereka biasa membawa las, sementara yang tradisional masih menggunakan arang yang dipanaskan!! Tapi hal ini jarang ditemui, mungkin karena sedikit orang yang menjalankan profesi ini.

3.Pak Ogah

Biasanya disebut juga polisi cepek(Rp.100,-), mereka biasanya ada di perempatan2 jalan yang ramai dengan kendaraan. Mereka disebut pak ogah karena nama tersebut ada di sebuah film yang bernama Unyil. Nah Pak ogah ini selalu minta cepek kalo ada seseorang meminta bantuan padanya. Hal ini juga sama seperti yang dilakukan para pengguna jalan yang selalu memberi Rp.100,- pada pak ogah-pak ogah ini…..

Dan masih banyak lagi profesi yang unik-unik di negara Indonesia ini. Karena keterbatasan waktu dan wawasanku yang tak bisa menjabarkan satu-persatu, silahkan anda memposting sendiri di forum komentar. Aku mengangkat hal ini, bukan ingin mengolok-olok atau mendiskriminasikan sebuah profesi, tapi aku malah merasa BANGGA! Karena tak semua negara memiliki profesi seperti ini, ya ga??!!

Tidak ada komentar: